Tips: Agar Tetap Sehat dan Produktif di Musim Hujan

Sekarang di Balikpapan khususnya dan Kaltim serta Kaltara umumnya sudahmemasuki musim hujan, nah agar tetap produktif dan sehat selama musim hujan ini, berikut di sajikan tipsnya, semoga bermanfaat ya.

Musim di Indonesia dikelompokkan dalam periode 3 bulanan. Desember, Januari, Februari adalah musim hujan, Maret, April, Mei adalah musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, Juni, Juli, Agustus adalah musim kemarau, sedangkan September, Oktober, November adalah peraliihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Sebuah penelitian dan pengamatan satelit TRMM menunjukkan telah terjadi pergeseran puncak curah hujan selama sepuluh tahun terakhir. Sehingga seringkali kita mendapati hujan masih turun di bulan April dan Mei.
Bagi seorang karyawan, yang perlu diwaspadai dari musim hujan selain kemacetan yang semakin parah sehingga membuat Anda terlambat ke kantor, adalah munculnya penyakit musiman seperti batuk, pilek, flu, penyakit di saluran pencernaan.

Jika Anda tinggal di Jakarta, memang rasanya hopeless menghadapi kemacetan di Jakarta, terutama saat musim hujan. Jalanan yang sudah macet, makin tersendat karena banjir gara-gara hujan . Seringkali Anda terpaksa terlambat masuk kantor. Bila terlalu sering terjadi, tentu saja hal ini akan mempengaruhi appraisal kinerja Anda nantinya. Sudah seharusnya seharusnya Anda mempertahankan kesehatan, kinerja dan prestasi kerja Anda agar produktifitas Anda tetap baik selama musim hujan ini. Berikut adalah cara yang bisa membantu Anda mempersiapkan diri selama musim hujan.
  1. Siapkan perlengkapan ’anti-hujan’. Selalu bawa payung/jas hujan dalam tas atau simpan di mobil Anda. Bawa juga jaket yang terbuat dari bahan tahan air dengan hood untuk melindungi kepala Anda. Untuk sementara lupakan dulu high heels Anda dan kenakanlah sepatu anti air seperti jelly shoes. Jika tubuh Anda terlindungi dari hujan, lebih kecil kemungkinan Anda terserang penyakit. Jika Anda naik transportasi umum, jangan pernah lupa membawa payung dalam tas Anda. Biasakan juga untuk mengenakan jaket setiap Anda keluar rumah saat hujan. Jika pakaian dan tubuh Anda terlanjut basah karena hujan, segera ganti baju dan keringkan tubuh Anda.
  2. Tingkatkan daya tahan tubuh. Banyak cara melakukan ini. Konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang serta konsumsi multivitamin adalah beberapa cara efektif. Konsumsi makanan yang kaya akan protein karena protein membangun sistem kekebalan tubuh. Walaupun masih ada perdebatan apakah vitamin C bisa membantu menyembuhkan tubuh dari flu, tetapi vitamin ini bisa membantu untuk meredakan gejala sakit flu. Selain dari asupan buah-buahan dan sayuran yang sarat vitamin C, tak ada salahnya Anda mengkonsumsi vitamin C dalam bentuk tablet atau lainnya.
  3. Berangkat lebih pagi. Hujan dikala pagi seringkali membuat tidur terasa ekstra nyaman dan terasa lebih malas untuk bangun pagi. Tanpa disadari Anda pun terlambat ’ngantor’ karena bangun kesiangan. Sementara karena hujan, seringkali jalanan tergenang dan menambah kemacetan. Cobalah untuk bangun lebih pagi sekitar 15 menit. Anda akan terkejut melihat betapa banyaknya hal yang bisa Anda kerjakan dalam waktu yang nampaknya cuma sedikit ini. Anda memang tidak bisa melakukan apa-apa dengan tingkat kemacetan yang tinggi di Jakarta, selain berangkat lebih pagi dan mencari alternatif transportasi lain, seperti KRL, Trans Jakarta atau mencari alternatif rute jalan lain.
  4. Sering cuci tangan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa penyakit flu, pilek seringkali ditularkan lewat tangan yang kotor. Di kantor biasakan untuk mencuci tangan secara berkala dengan sabun dan air hangat paling tidak selama 30 detik. Bila terasa terlalu merepotkan untuk terus menerus kekamar mandi untuk mencuci tangan, selalu letakkan hand sanitizer di meja kerja Anda.
  5. Jangan sering-sering menyentuh wajah Anda. Hindari untuk menyentuh wajah Anda walaupun tangan Anda terasa bersih. Kebanyakan virus masuk ke tubuh melalui saluran pernafasan dan mulut. Jika Anda harus bersin tutup mulut Anda dengan tissue dan buang tiap tissue yang sudah dipakai.
  6. Jangan merokok. Asap rokok dapat membuat saluran nafas Anda iritasi dan terasa kering sehingga membuatnya lebih rentan terhadap flu dan infeksi lain yang mungkin timbul selama musim hujan. Hal ini yang menyebabkan perokok lebih rentan terhadap penyakit flu dan influenza. Berhenti merokok juga memberikan banyak benefit lain bagi kesehatan.
  7. Kelola stress. Tekanan dalam bekerja adalah hal yang wajar. Namun Anda perlu mengelolanya agar tidak berkepanjangan. Stress yang tidak ditangani segera akan ’melemahkan’ sistem daya tahan tubuh Anda sehingga penyakit akan lebih gampang menyerang.

Sumber resmi artikel

Update Terbaru Pada Kategori Lowongan:

Disarankan dibaca juga: