Saatnya Anda Memoles Resume Baru

Adakalanya seseorang yang akan melamar pekerjaan baru terkadang menggunakan resume atau curriculum vitae yang itu-itu saja, atau yang lama bahkan sudah tidak relevan lagi. Belum lagi bentuk yang terkadang membosankan dengan kalimat yang seperti mengisi sebuah formulir. Pernahkan anda menemukan formulir Daftar Riwayat Hidup yang banyak dijual toko ATK (Alat Tulis Kantor). Atau anda sekedar hanya membuat resume dengan menuliskannya di kertas Folio Bergaris yang isinya juga sama dengan formulir daftar riwayat hidup. Jika anda akan mengajukan aplikasi lamaran kerja, mungkin sudah saatnya anda memoles resume baru yang dibuat. Yang harus anda ingat adalah bahwa resume atau CV bisa membuat anda dipanggil atau tidak untuk interview.

Saatnya Anda Memoles Resume Baru

Saran

Jika anda memiliki latar belakang pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan baru, sebaiknya lakukan klarifikasi dengan baik kemampuan anda. Jika anda memang merasa mampu maka jelaskan kemampuan anda pada resume anda. Bukan hanya sekedar informasi perusahaan dan periode bekerjanya saja. Saat ini sudah banyak pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi, maka anda juga bisa klarifikasi kemampuan menguasai beberapa perkembangan teknologi anda yang sesuai dengan posisi lowongan kerja yang anda minati. Dari kedua hal diatas, maka anda bisa menjelaskan dengan detail pengalaman kerja dan kemampuan anda dengan lebih tepat yang sesuai yang dibutuhkan oleh industri tempat anda mengajukan aplikasi lamaran kerja.

Format

Untuk di Indonesia, saat anda mengirim resume secara online maka format yang anda gunakan adalah dengan format PDF. Format PDF merupakan format yang user friendly bagi semua kalangan HR di Indonesia. Jika mengirimkan secara manual tercetak, maka file PDF bisa anda cetak dengan printer.

Format berikutnya adalah Plaintext. Plainttext bisa anda simpan, jika sewaktu-waktu akan mengedit dan bisa diconvert menjadi PDF juga. Namun jika anda mengajukan aplikasi secara online ke perusahaan asing, maka plaintext ini adalah pilihan terbaik karena lebih ringan dan perusahaan asing diluar negeri sepertinya lebih banyak terbiasa dengan plain text.

Tata Letak dan Template

Saat ini juga telah banyak tampil tata letak resume atau CV dengan berbagai tata letak dan template yang cantik. Hal ini bisa disesuakan dengan posisi dan pengalaman anda. Jika anda melamar di bagian accounting maka anda bisa menggunakan tata letak dan template yang berhubungan dengan keuangan. Atau bahkan anda bisa membuat tata letak sendiri dan menambahkan image icon yang sesuai.

Cover Surat

Setiap resume atau CV yang dikirimkan pasti akan berbarengan dengan surat lamaran kerja yang sering disebut dengan cover surat. Ada beberapa perusahaan yang hanya menggunakan email, maka cover surat bisa dibuat dengan format plaintext saja. Jika ada form yang disediakan maka pilihan ini bisa digunakan atau lansgung copy paste cover suratnya.

Dalam cover surat anda bisa menjelaskan sedikit dari resume atau CV anda dan ketertarikan anda dengan posisi yang akan diajukan aplikasinya. Anda bisa memposting pengalaman dan keahlian anda yang berhubungan dengan pekerjaan serta menginformasikan secara detail ada di resume atau CV anda.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memperbarui resume anda agar lebih menarik dan bisa mengantarkan anda untuk interview. Selamat mencoba.

Update Terbaru Pada Kategori Lowongan:

Disarankan dibaca juga: