CPNS Kemenkumham #1701474

Lowongan Kerja CPNS Kemenkumham #1701474. Pemerintah membuka pendaftaran 17.962 calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kementerian Hukum dan HAM untuk tahun anggaran 2017 (Sumber: KemenPANRB - Pemerintah Buka Pendaftaran 19.210 CPNS). Adapaun formasi jabatan yang dibuka untuk seleksi CPNS 2017 diperkirakan adalah sebagai berikut:


  1. Penjaga Tahanan
  2. Pembimbing Masyarakat Pertama
  3. Analis Keimigrasian Pertama
  4. Pemeriksa Keimigrasian Terampil
  5. Pemeriksa Merek Pertama
  6. Pemeriksa Paten Pertama
  7. Analis Kekayaan Intelektual
  8. Analis Hukum
  9. Analis Perlindungan Hak-Hak Sipil dan Hak Asasi Manusia
  10. Penata Keuangan
  11. Kustodian Kekayaan Negara
  12. Pengelola Teknologi Informasi
  13. Dokter Umum Pertama
  14. Perawat Pertama
  15. Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin
  16. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Pertama
  17. Dokter Spesialis Anak Pertama
  18. Dokter Spesialis Ginekologi Pertama
  19. Dokter Spesialis Anastesi Pertama
  20. Psikolog Klinis Pertama
  21. Auditor Pertama


Formasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM meliputi 21 jabatan, mulai dari penjaga lembaga pemasayarakatan (lapas) hingga analis keimigrasian. Dari formasi jabatan yang ada diatas, diberikan untuk kualifikasi pendidikan lulusan SMA sederajat pada posisi Penjaga Tahanan dan lulusan D3 untuk posisi jabatan Pemeriksa Keimigrasian Terampil sedangkan sisanya semuanya minimal lulusan S1 dan Kedokteran Spesialis untuk dokter spesialis.

Peruntukan formasi dibagi menjadi 4 bagian yaitu untuk kategori Cumlaude, Disabilitas, Putra Putri Papua dan Umum. Semua kategori memiliki porsi masing-masing untuk jumlah yang telah ditentukan. Jumlah masing-masing kategori yaitu 346 orang untuk kategori Cumlaude, 1 orang untuk kategori Disabilitas, 280 orang untuk kategori Putra Putri Papua sisanya 16.899 orang untuk kategori umum sehingga total porsi kebutuhan secara keseluruhan adalah 17.526

Usia yang dipersyaratkan adalah minimal 18 tahun. Sedangkan usia maksimal terbagi menjadi tiga kualifkasi. Kualifikasi pertama maksimal 33 tahun untuk Dokter Spesialis dan Dokter Umum atau Sarjana S1. Kualifikasi kedua maksimal 30 tahun untuk lulusan pendidikan D3. Dan yang terakhir maksimal 28 tahun untuk lulusan SMA SMK Sederajat.

Dari kuota CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 17.962 kursi, 14.000 diantaranya untuk jabatan penjaga lapas atau sipir, dan 2.278 analis keimigrasian. Untuk analis keimigrasian ini, dibutuhkan sarjana dari berbagai jurusan, antara lain Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Bahasa Asing.

Informasi mengenai rekruitmen CPNS ini dapat dilihat di situs




CPNS Kemenkumham #1701474

Ingat ya. Hati-hati terhadap Penipuan. Secara resmi semua informasi akan diumumkan melalui situs tersebut diatas. Hingga posting ini diturunkan situs-situs tersebut diatas tidak dapat kami buka. (Update: Website sudah bisa diakses)

Kami juga mendapatkan berkas informasi lowongan kerja dari Staf Lapas (Tetapi kami tidak dapat memastikan apakah berkas tersebut benar beritanya), silahkan download berkas pengumuman dengan klik tombol berikut (Update: Berkas valid sudah kami perbarui dari situs KemenPANRB) . Silahkan didownload kembali untuk informasi pendaftaran CPNS Kemenkumham Tahun 2017 Final.

Update Terbaru Pada Kategori Lowongan:

Disarankan dibaca juga: