Langsung ke konten utama

Info: Buruh Kaltim Minta UMP Naik 50 Persen


SAMARINDA - Buruh di Kaltim menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Kaltim 2014 naik 50 persen dari tahun ini. Ini jauh beda dengan usulan pengusaha dan pemerintah yang disebut-sebut hanya menaikkan 7,6 persen dari UMP sebelumnya. Ketua Federasi Serikat Pekerja Perkayuan dan Kehutanan Indonesia (Kahutindo) Kaltim, Rulita Wijayaningdyah, mengeluhkan Pemprov Kaltim dan pengusaha yang mengusulkan UMP tahun depan naik jadi Rp 1.886.315 atau 7,6 persen dari UMP 2013. Usulan tersebut didasari Instruksi Presiden 9/2013 tentang Kebijakan Penetapan Upah Minimum Dalam Rangka Keberlangsungan Usaha dan Peningkatan Pekerja.

Inpres tersebut dinilai bertentangan dengan Undang-Undang 13/2003 tentang Ketenagakerjaan. Pihaknya berharap Pemprov Kaltim tak mengambil kebijakan dengan berpatokan Inpres tersebut yang juga bertentangan dengan aturan tenaga kerja lain soal upah minimum.

Kahutindo Kaltim mengusulkan kenaikan UMP tahun depan meningkat 50 persen. Jadi Rp 2,8 juta. Angka tersebut dinilai realistis karena usulan sementara Pemprov dan pengusaha hanya mengakomodasi kebutuhan pekerja yang masih lajang. “Pekerja yang sudah berkeluarga harus lembur tiga sampai empat jam sehari karena UMP tak setara,” ucap Rulita, kemarin (24/10).

Berkaca usulan yang dinilai hanya cukup bagi pekerja lajang, Kahutindo menilai Pemprov dan Dewan Pengupahan memberi kesan sengaja membiarkan buruh tak hidup layak. Di Kaltim, angka kebutuhan hidup layak (KHL) terendah ada di Samarinda. Nilainya adalah Rp 1,8 juta. Sementara yang tertinggi di Malinau dengan kisaran Rp 2,8 juta.

Kisruh penetapan UMP juga terjadi di daerah lain. Bahkan, wacana mogok nasional oleh para buruh digulirkan pada 31 Oktober hingga 1 November. Di Kaltim, mogok massal baru akan dilakukan jika tuntutan buruh Kaltim tak diakomodasi. Langkah awal Kahutindo adalah menggelar unjuk rasa besar-besaran. Lima ribu pekerja dari Kahutindo bakal memadati Kantor Gubernur Kaltim dan Kantor Wali Kota Tarakan pada 28 Oktober mendatang. Kahutindo telah mengirim pemberitahuan kepada kepolisian terkait rencana tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Industrial, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim, Sulistri Kawiyani, menyebut jika usulan Pemprov terhadap UMP tahun depan masih belum final. Pihaknya masih mengkaji usulan-usulan dari pihak lain yang memunculkan angka beragam.

“Masih ada banyak usulan. Ada yang Rp 1,8 juta, Rp 2,5 juta, dan lain-lain,” terangnya.

Menurutnya, sah-sah saja jika UMP diambil berdasar KHL terendah di provinsi. Dia mengakui jika Rp 1,8 juta merupakan hitung-hitungan bagi pekerja lajang. Meski demikian, peraturan pemerintah diklaim mengatur penetapan UMP mengacu kepada KHL terendah di kabupaten/kota.

“Meski sudah menikah tapi baru masuk kerja, ya, otomatis ikut UMP. Kalau memiliki pengalaman tentu ada penilaian tertentu berdasar kompetensi sehingga meningkatkan daya saing dan nilai jual,” jelas Sulistri.

Sumber : http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/37235/minta-ump-naik-50-persen.html




Ayo gabung di social media kami

Atau daftarkan email anda dan dapatkan notifikasi gratis langsung ke email anda bersama ribuan pelanggan lainnya:

Rekomendasi Lainnya:

PT Liebherr Indonesia Perkasa #1701310

Lowongan perkerjaan PT Liebherr Indonesia Perkasa #1701310. Sebuah perusahaan besar yang bergerak dibidang pengadaan dan pemeliharaan alat berat merek LIEBHERR di Kalimantan Timur, membutuhkan:

Administrasi Kualifikasi:

Minimum lulusan SMKWanita berusia maksimal 23 tahun dan berbadan sehatMampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris tertulis maupun tidakMemiliki kemampuan menggunakan MS Word, Excel dan Powerpoint

Welder
Machinist Kualifikasi:

Minimum lulusan SMKPria berusia maksimal 23 tahun dan berbadan sehatMemiliki sertifikasi uji kompetensiMampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris tertulis maupun tidak

Bagi yang memenuhi persyaratan di atas silahkan mengirimkan lamaran lengkap dengan CV, pas photo terbaru dan copy referensi paling lambat 10 hari setelah penerbitan lowongan kerja ini ke:


PT Liebherr Indonesia Perkasa
PO Box 263
Balikpapan - Kalimantan Timur
Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan diinterview.

BNI Syariah #1800236

Lowongan Kerja Kaltim terbaru dari BNI Syariah #1800236. Untuk 3 posisi ya diperlukan. Detail kualifikasi berikut ini:


a. Frontliner
b. Marketing
c. Back Office

Dengan Kualifikasi :
Pria/ Wanita Usia maksimal 25 tahun
Pendidikan minimal D3 (Universitas Terakredetasi)
Semua jurusan, kecuali Kedokteran, Kebidanan & Keperawatan
IPK minimal 3.00 (Skala 4.00)
Belum menikah
Tinggi badan minimal Pria 160 cm & Wanita 155 cm
Memiliki kemampuan berkomunikasi & Motivasi yang tinggi
Bersedia ditempatkan di Samarinda dan Bontang



BNI Syariah sebagai salah satu Bank Syariah terbaik di Indonesia, mencari kandidat pegawai yang terampil, dinamis dan bermotivasi tinggi yang akan bergabung sebagai Insan Hasanah pada posisi Assistant

Pendaftaran dapat dilakukan dengan melakukan penginputan data diri melalui link : cli.re/formulir-832

PT Merengkuh Sukses Indonesia #1800376

Lowongan Kerja PT Merengkuh Sukses Indonesia #1800376. Kami merengkuh.id, perusahaan yang bergerak dibidang digital agency.


Lowongan Kerja Desain Grafis PT Merengkuh Sukses Indonesia
Tanggung Jawab Pekerjaan :
Berpikir kreatif untuk menghasilkan ide-ide dan konsep-konsep baru dan mengembangkan desainMempresentasikan ide dan konsep yang telah dibuatMenunjukkan keterampilan ilustrasi dengan sketsa kasarMengerjakan kebutuhan design perusahaan , baik untuk desain promosi, katalog, foto, social media, banner, dan kebutuhan design lainnyaMenciptakan & mengembangkan ide-ide design untuk kebutuhan promosi dan product baruMerancang konsep indentitas atau konten untuk media promosi

Kualifikasi : Pendidikan minimal SMA/SMK.
Memiliki pengalaman diutamakan sebagai design grafis minimal 1 tahun.
Memiliki kemampuan komunikasi dan presentasi yang baik.
Jujur, bertanggung jawab, pekerja keras dan mampu bekerja di bawah tekanan.
Mampu menyelesaikan deadline dan timeline pekerjaan tepat waktu.
Mengua…