Info: Pengumuman CPNS Nunukan Sudah Bisa Diakses

Ini khusus bagi pelamar CPNS untuk daerah kabupaten Nunukan Kalimantan Utara (Kaltara). Kabar terbaru mengenai CPNS Kabupaten Nunukan tahun 2013. Berikut berita yang diperoleh:

Lowongan kerja Info: Pengumuman CPNS Nunukan Sudah Bisa Diakses. CPNS 2013 Kabupaten Nunukan.


Badan Kepegawaian Dan Diklat Daerah (BKDD) Nunukan pada 2-28 September mengumumkan peneriman calon pegawai negeri sipil (CPNS). Sebanyak 142 formasi jalur umum akan diperebutkan pada seleksi CPNS tahun ini.

Kepala Bidang Pengembangan dan Kedudukan Hukum BKDD Nunukan Hasruni mengatakan, pengumuman akan disampaikan melalui media cetak, website resmi BKDD Nunukan dan ditempel di sejumlah titik. Rencananya Minggu malam, pengumuman penerimaan CPNS Kabupaten Nunukan sudah bisa diakses melalui website www.bkdd-nunukan.com.

“Habis Maghrib, nanti sebentar malam sudah bisa diakses. Insya Allah,” ujarnya, Minggu (8/9/2013) pagi.

Pengumuman penerimaan CPNS ini digelar serentak di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara di kabupaten dan kota yang melaksanakan penerimaan CPNS.

Sementara penerimaan berkas pendaftaran seleksi CPNS dimulai pada Rabu (11/9/2013). “Karena Selasa kita libur Pemilihan Gubernur,” ujarnya.

Dijelaskan, berkas pelamar CPNS dapat disampaikan melalui dua cara. Yakni diantar langsung ke Kantor BKDD Nunukan dan dikirimkan melalui Kantor Pos.

“Kalau yang melalui Kantor Pos, nanti kita terima di sana. Jadi paling lambat tanggal 28 sudah diterima di sana,” ujarnya.

Pada seleksi CPNS kali ini, pihaknya berupaya memberikan kemudahan kepada para pelamar.
“Kita ingin bagaimana lamaran itu sesederhana mungkin. Karena ini kita fikirkan agar lebih efektif dan memudahkan, kita mencoba melaksanakan pendaftaran itu melalui Pos. Jadi yang dari luar tidak perlu ke sini. Nanti ada teman yang ditugaskan di sana,” ujarnya.

Dengan menerima berkas lamaran melalui Kantor Pos di kecamatan-kecamatan, tentu akan memudahkan pelamar yang terkendala pada sarana transportasi.

“Itu jauh lebih mudah, itu memungkunkan untuk itu. Kalau mau mendaftar cukup lewat Kantor Pos,” ujarnya.

Ditegaskan pula, sama seperti yang lalu penerimaan CPNS kali ini terbuka secara nasional. Warga Negara Indonesia (WNI) di seluruh Indonesia bisa mengakses informasi penerimaan CPNS di Nunukan melalui website.

“”Kita akan umumkan secara luas kepada masyarakat, karena itu tidak boleh dibatasi untuk menjadi CPNS. Itu hak warga negara, yang harus diberikan kesempatan secara nasonal. Jadi apapun, dia bisa kirim lamarannya ke sini sesuai batas waktu yang dialokasikan,” ujarnya.
Tak hanya mempermudah pengiriman lamaran, pihaknya juga berupaya menyederhanakan persyaratan administrasi.

“Sesederhana mungkin. Artinya sesuai dengan paraturan yang ada tentang proses penerimaan CPNS. Intinya kita akan membuat persyaratan pelamaran itu sederhana,” ujarnya.

Merujuk pada Peraturan Kepala BKN, sebut Hasruni, administrasi pelamar tidak terlalu banyak. “Cukup lamaran, foto copy ijazah, pas foto. Itu nanti kita coba. Yang jelas kita akan buat sederhana,” ujarnya.

Pelaksanaan tes dilaksanakan dengan menggunakan lembar jawaban komputer (LJK). Ada dua tes yang harus dijalani yakni Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB).
“Ini semua menggunakan LJK,” ujarnya.

Meskipun melalui formasi umum ini peserta yang dinyatakan lulus didasarkan pada rangking tertinggi, namun untuk penentuan TKD dan TKB tetap menggunakan passing grade.
“Ada batas kelululusan, itu ada prosentasenya. Cuma itu harus dipadukan, TKD dan TKB harus memenuhi persyaratan,” katanya.

Sumber Tribun Kaltim

Update Terbaru Pada Kategori Lowongan:

Disarankan dibaca juga: